Jumat, 17 Mei 2013

Tips Memotong Bawang Agar Tidak Perih Dimata

Bagi anda yang suka masak, atau setidaknya pernah memotong bawang pasti pernah merasakan mata perih pada saat memotong bawang. 
Hal ini karena bawang merah mengandung senyawa sulfur yang menyebabkan mata kita perih dan mengeluarkan air mata. Saya sendiri pernah mengalami nya, mata perih dan menangis ketika mengiris bawang merah Tetapi ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar hal ini tidak terjadi, yang tentunya telah saya coba sendiri.
Biasanya sebelum mengiris bawang saya rendam dulu selama 5 menit di air, atau bahkan di cuci melalu keran yang mengalir. Setelah ini diamkan beberapa menit sembari saya menyiapkan bumbu yang lain nya.

Merendam bawang di air dapat mengurangi efek sulfat yang memercik ke mata kita saat mengiris bawang karena sudah tercampur dengan air.
Kupas kulit bawang di air rendaman dan kemudian potong ujung nya. Bila anda suka memakai bawang sebagai bumbu, ada baiknya di buat stock selama 1 minggu misalnya, dengan memasukkan bawang yang telah kita iris ke dalam kulkas agar tetap segar dan tidak tumbuh akarnya. Selamat mencoba!

sumber : sukamasak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar